Saturday, 26 December 2015

BAB 4, Perangkat Lunak : Sistem dan Aplikasi Perangkat Lunak


Perangkat Lunak :  Sistem dan Aplikasi Perangkat Lunak


Sistem dan perangkat lunak aplikasi sangat penting dalam membantu individu dan organisasi mencapai tujuan mereka. Software terdiri dari program yang mengontrol cara kerja perangkat keras komputer.
Dua kategori utama dari perangkat lunak :
Ø  Sistem perangkat lunak
Kumpulan program yang berinteraksi antara hardware dan software aplikasi, dan termasuk operasi sistem, program utilitas, dan middleware. Setiap jenis perangkat lunak sistem dirancang untuk CPU tertentu dan kelas hardware. Kombinasi dari konfigurasi hardware dan sistem perangkat lunak yang dikenal sebagai platform sistem komputer.
Ø  Aplikasi perangkat lunak
Memungkinkan orang untuk memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas tertentu. Dalam kebanyakan kasus, aplikasi perangkat lunak berada pada hard disk komputer sebelum itu dibawa ke memori komputer dan menjalankan.
Sebuah sistem operasi (OS) adalah seperangkat program computer yang mengontrol perangkat keras komputer untuk mendukung pengguna 'kebutuhan komputasi. OS mengkonversi instruksi dari aplikasi ke satu set instruksi yang dibutuhkan oleh perangkat keras. OS juga mengelola memori, yang melibatkan penyimpanan pengendali akses dan penggunaan dengan mengubah permintaan logis ke fisik lokasi dan dengan menempatkan data dalam ruang penyimpanan terbaik, termasuk memori virtual.
OS juga menyediakan pengguna antarmuka, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan perintah komputer. Seorang pengguna berbasis perintah antarmuka memerlukan teks perintah untuk mengirim pesan; antarmuka pengguna grafis (GUI), seperti Windows, menggunakan ikon dan menu.  Aplikasi perangkat lunak menggunakan OS dengan layanan permintaan melalui aplikasi didefinisikan antarmuka program (API). MS-DOS adalah OS awal untuk IBM-kompatibel. Windows yang lebih tua OS adalah GUI digunakan dengan DOS. Versi yang lebih baru, seperti Windows Vista dan XP, yang OS yang berfungsi penuh yang tidak perlu DOS. Komputer Apple menggunakan proprietary OS tersebut sebagai Mac OS dan Mac OS X. UNIX adalah OS yang kuat yang bias digunakan pada banyak jenis sistem komputer dan platform, dari komputer pribadi ke sistem mainframe. UNIX membuatnya mudah untuk memindahkan program dan data antar komputer atau menghubungkan mainframe dan komputer pribadi untuk berbagi sumber.
Linux adalah kernel dari OS yang sumber kode tersedia secara bebas untuk semua orang. Beberapa variasi Linux tersedia, dengan set kemampuan dan aplikasi untuk membentuk OS lengkap, misalnya, Red Hat Linux. z / OS dan HP-UX adalah OS untuk komputer mainframe. Beberapa OS, seperti Palm OS, Windows Mobile, Windows Embedded, Pocket PC, dan variasi Linux, telah dikembangkan untuk mendukung ponsel komunikasi dan peralatan konsumen.
MIDDLEWARE
Middleware adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem yang berbeda untuk berkomunikasi dan mentransfer data bolak-balik. Sebuah arsitektur berorientasi layanan (SOA) menggunakan aplikasi modular layanan untuk memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem, dan system untuk berinteraksi satu sama lain.
PROGRAM UTILITAS
Organisasi harus tidak mengembangkan perangkat lunak aplikasi proprietary kecuali hal tersebut akan memenuhi kebutuhan bisnis yang menarik yang dapat memberikan kompetitif keuntungan. Salah satu cara yang berguna mengklasifikasikan banyak kegunaan potensi sistem informasi untuk mengidentifikasi lingkup masalah dan peluang ditangani oleh organisasi tertentu atau lingkungan pengaruhnya.
Tiga pendekatan untuk aplikasi perangkat lunak berkembang untuk membangun perangkat lunak aplikasi proprietary, membeli program yang ada dari rak, atau menggunakan kombinasi disesuaikan dan off-the-shelf software aplikasi.
Ø  Perangkat lunak berpemilik
Keuntungan :
·         Organisasi akan mendapatkan perangkat lunak yang lebih erat sesuai kebutuhannya
·         Terlibat dengan pengembangan, organisasi memiliki kontrol lebih lanjut atas hasil
·         Organisasi memiliki fleksibilitas yang lebih dalam membuat perubahan.
Kerugian :
·         Hal ini mungkin memakan waktu lebih lama dan biaya lebih untuk mengembangkan
·         Staf akan sulit ditekan untuk memberikan dukungan yang berkelanjutan dan pemeliharaan
·         Ada risiko besar bahwa fitur software tidak akan bekerja seperti yang diharapkan atau yang masalah kinerja lainnya akan terjadi.

Ø  Perangkat lunak off-the-shelf
Keuntungan :
·         Biaya awal yang lebih rendah
·         Ada risiko lebih rendah bahwa perangkat lunak akan gagal untuk bekerja seperti yang diharapkan
·         Perangkat lunak akan cenderung kualitas tinggi dari perangkat lunak berpemilik.
Kerugian :
·         Organisasi mungkin membayar untuk fitur yang dilakukannya tidak perlu
·         Perangkat lunak mungkin kurang fitur penting yang membutuhkan kustomisasi mahal
·         Sistem mungkin memerlukan proses rekayasa ulang.
Beberapa organisasi telah mengambil ketiga pendekatan menyesuaikan paket perangkat lunak. Pendekatan ini biasanya melibatkan campuran keuntungan dan kerugian sebelumnya dan harus dikelola dengan hati-hati. Sebuah penyedia layanan aplikasi (ASP) adalah perusahaan yang dapat menyediakan perangkat lunak, dukungan, dan perangkat keras komputer di yang menjalankan perangkat lunak dari fasilitas pengguna atas jaringan. Software sebagai sebuah layanan (SaaS) memungkinkan perusahaan untuk berlangganan software aplikasi bisnis Web-disampaikan dengan membayar biaya layanan bulanan atau biaya per-pakai.
Meskipun ratusan aplikasi komputer dapat membantu orang di sekolah, rumah, dan bekerja, aplikasi utama adalah pengolah kata, analisis spreadsheet, database, grafis, dan layanan online. Sebuah software suite, SmartSuite seperti, WordPerfect, StarOffice, atau Office, menawarkan koleksi program yang kuat.

BAHASA PEMROGRAMAN
Organisasi harus memilih bahasa pemrograman yang karakteristik fungsional sesuai untuk tugas di tangan, mengingat keterampilan dan pengalaman dari staf pemrograman.
Beberapa kelas bahasa pemrograman meliputi mesin, perakitan, tingkat tinggi, permintaan dan basis data, object-oriented, dan bahasa pemrograman visual. Bahasa pemrograman telah berubah sejak awal mereka pembangunan di awal 1950-an.
Ø  Generasi pertama, komputer yang diprogram dalam bahasa mesin,
Ø  Generasi kedua dari bahasa yang digunakan bahasa assembly
Ø  Generasi ketiga terdiri dari banyak bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menggunakan laporan English-like dan perintah. Mereka juga harus dikonversi ke bahasa mesin oleh software khusus yang disebut kompilator, dan termasuk BASIC, COBOL, FORTRAN, dan lain-lain.
Ø  Bahasa generasi keempat termasuk database dan permintaan bahasa seperti SQL.
Ø  Generasi kelima bahasa pemrograman menggabungkan generasi rulesbased kode, manajemen komponen, teknik pemrograman visual, manajemen reuse, dan lainnya kemajuan.

Bahasa ini dapat mengurangi pengembangan program dan pengujian waktu. Java dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di Internet.


SHAREWARE, FREEWARE, DAN PUBLIC DOMAIN SOFTWARE
Industri perangkat lunak terus menjalani konstan perubahan; pengguna harus menyadari tren terbaru dan masalah untuk menjadi efektif dalam bisnis mereka dan pribadi kehidupan. Software bug, lisensi perangkat lunak dan hak cipta, perangkat lunak open-source, shareware dan freeware, pengembangan perangkat lunak multi-organisasi, upgrade software, dan global dukungan perangkat lunak semua masalah perangkat lunak penting dan tren. Sebuah bug perangkat lunak adalah cacat dalam program komputer yang terus dari melakukan dengan cara yang dimaksudkan.
Pengembangan perangkat lunak open-source dan proses pemeliharaan kolaboratif, dengan pengembang di seluruh dunia menggunakan internet untuk tetap berhubungan dekat melalui e-mail dan untuk mengunduh dan menyerahkan software baru.
Shareware dan freeware dapat mengurangi biaya perangkat lunak, tapi kadang-kadang mereka mungkin tidak sekuat perangkat lunak komersial. Juga, kode sumber mereka biasanya tidak bisa dimodifikasi.
Pengembangan perangkat lunak Multiorganizational adalah proses memperluas pengembangan perangkat lunak luar satu organisasi dengan mencari orang lain yang berbagi masalah bisnis yang sama dan melibatkan mereka dalam upaya pembangunan umum.
Upgrade perangkat lunak merupakan sumber penting dari peningkatan pendapatan bagi produsen perangkat lunak dan dapat memberikan berguna fungsionalitas baru dan peningkatan kualitas bagi pengguna perangkat lunak.

0 comments:

Post a Comment

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer