Sunday 27 December 2015

CHAPTER 5 : Sistem Database dan Intelegensi Bisnis

Sistem Database dan Intelegensi Bisnis



Manajemen data dan pemodelan adalah aspek kunci dari pengorganisasian data dan informasi. Data adalah salah satu sumber daya yang paling berharga yang perusahaan miliki. Hal ini diatur dalam hirarki yang membangun dari elemen terkecil ke terbesar . Elemen terkecil adalah bit, angka biner. Sebuah byte (karakter seperti surat atau digit angka) terdiri dari delapan bit. Sekelompok karakter, seperti nama atau nomor, disebut bidang (obyek). Kumpulan dari bidang terkait adalah catatan; kumpulan terkait catatan disebut file. Database, yang merupakan puncak hirarki, adalah kumpulan catatan dan file. Suatu entitas adalah kelas umum dari objek yang datanya dikumpulkan, disimpan, dan dipelihara. Atribut adalah karakteristik dari suatu entitas. Nilai-nilai tertentu dari atribut (item data) dapat ditemukan di bidang catatan yang menggambarkan entitas. Kunci data adalah bidang dalam catatan yang digunakan untuk mengidentifikasi catatan. Sebuah primary key unik mengidentifikasi catatan. Sementara secondary key adalah bidang dalam catatan yang tidak unik mengidentifikasi catatan. Aplikasi-berkas berorientasi tradisional sering ditandai oleh ketergantungan program data, yang berarti bahwa mereka memiliki data terorganisir yang tidak dapat dibaca oleh program lain. Untuk mengatasi masalah data berbasis file tradisional manajemen, pendekatan database dikembangkan. Manfaat dari pendekatan ini termasuk mengurangi redundansi data, meningkatkan konsistensi data dan integritas, lebih mudah memodifikasi dan memperbarui, standardisasi akses data, dan pengembangan program yang lebih efisien. Salah satu alat yang database gunakan untuk menunjukkan hubungan antara data adalah model data. Sebuah model data adalah peta atau diagram entitas dan hubungan mereka. Perusahaan pemodelan data menganalisis kebutuhan data dan informasi seluruh organisasi. Entitas-hubungan (ER) diagram dapat digunakan untuk menunjukkan hubungan antara entitas dalam organisasi. Model relasional menempatkan data dalam dua dimensi tabel. Tabel dapat dihubungkan dengan elemen data umum, yang digunakan untuk mengakses data ketika database query. Setiap baris mewakili record. Kolom dari tabel disebut atribut, dan nilai-nilai yang diijinkan untuk atribut ini disebut domain. Manipulasi data dasar meliputi selectingprojecting, dan joining. Model relasional lebih mudah untuk mengontrol, lebih fleksibel, dan lebih intuitif daripada model lainnya karena itu mengatur data dalam tabel.

Sebuah desain serta manajemen database yang baik merupakan alat yang sangat berharga dalam membantu pengambilan keputusan. DBMS merupakan grup dari program-program yang digunakan sebagai antarmuka antara sebuah database dengan penggunanya serta dengan program aplikasi lainnya. Saat program aplikasi meminta data dari database, proses ini mengikuti jalur akses logika. Perbaikan data mengikuti jalur akses fisik. Records juga bisa dipandang dengan cara yang sama: Logika record merupakan apa yang terkandung dalam record itu sendiri; fisik record, yaitu dimana record itu tersimpan dalam media penyimpanan. Skema digunakan untuk mendeskripsikan keseluruhan database, tipe record, dan hubungannya dengan DBMS. DBMS menyediakan 4 fungsi dasar: Menyediakan tampilan user, membuat serta memodifikasi database, menyimpan serta mengembalikan data, memanipulasi data, dan menghasilkan laporan. Skema masuk kedalam komputer melalui bahasa yang dimengerti data, yang mendeskripsikan data serta hubungannya dalam database yang bersangkutan. Alat lain yang digunakan dalam manajemen database adalah kamus data, yang mengandung deskripsi dari semua data yang ada pada database secara detil. Setelah DBMS terinstal, database dapat diakses, dimodifikasi, dan bisa diperbaiki melalui bahasa manipulasi data. Bahasa manipulasi data yang lebih spesifik lagi, yaitu bahasa query, yang paling sering digunakan adalah Structured Query Language (SQL). SQL digunakan dalam beberapa database populer saat ini dan bisa diinstal di PC serta Mainframes. Pengguna DBMS yang populer, diantaranya Corel Paradox dan Microsoft Access.
IBM, Oracle, dan Microsoft merupakan yang terdepan sebagai penyedia DBMS. Database as a Service (DaaS) atau Database 2.0 merupakan tipe baru dari sebuah database, dimana klien menyewa penggunaan database dalam situs provider. Memilih DBMS dimulai dengan menganalisa mengenai informasi yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi. Karakteristik penting dari sebuah database meliputi ukurannya, jumlah pengguna dalam waktu yang bersamaan, performanya, kemampuan DBMS untuk dapat terintegrasi dengan sistem yang lain, fitur dari DBMS, pertimbangan dari penyedia, dan biaya manajemen sistem database itu sendiri.

Jumlah dan tipe aplikasi database akan terus berkembang dan akan menghasilkan keuntungan bisnis. Traditional Online Transaction Processing (OLTP) sistem meletakkan data pada database dengan sangat cepat, dapat diandalkan, serta efisien, tetapi mereka tidak mendukung tipe dari analisis data yang saat ini dibutuhkan oleh pebisnis. Untuk memenuhi kebutuhan ini, organisasi membangun gudang data, yang mana saling menghubungkan sistem manajemen database yang didesain secara spesifik untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Pasar data merupakan bagian dari gudang data, yang biasanya tersedia untuk tujuan tertentu atau dalam fungsi area bisnis.

Data mining, yang merupakan automatisasi dalam pencarian sebuah pola dan hubungan dalam sebuah gudang data, hal ini tampak sebagai langkah praktis untuk mendapatkan sebuah hipotesis mengenai sebuah pola dan anomali dalam suatu data yang bisa digunakan untuk memprediksi tindakan di masa yang akan datang. Analisis prediktif merupakan sebuah bentuk dari data mining yang mengkombinasikan sejarah data dengan asumsi mengenai kondisi yang akan datang untuk memperkirakan kemungkinan seperti penjualan produk yang akan datang atau kemungkinan pelanggan akan tidak melunasi pinjamannya. Intelejen bisnis adalah sebuah proses mendapat cukup informasi dalam waktu yang berkala dan memiliki bentuk serta menganalisanya sehingga dapat memberikan dampak yang positif bagi strategi bisnis, taktik, serta operasinya. Intelejen kompetitif merupakan salah satu aspek dalam intelejen bisnis yang terbatas untuk informasi mengenai kompetitornya dan bagaimana informasi tersebut mempengaruhi strategi, taktik, serta operasi. Intelejen kompetitif bukanlah pengintaian yang dilakukan secara ilegal dengan tujuan mendapatkan informasi. Counterintelligence mendeskripsikan langkah-langkah dari organisasi untuk melindungi informasi dari pihak yang ingin mendapatkannya. Seiring dengan perkembangan penggunaan telekomunikasi dan jaringan, distribusi database, yang membolehkan lebih dari satu pengguna dan berbagai akses situs data yang dapat disimpan di lokasi yang berbeda pula semakin meraih popularitas. Untuk mengurangi biaya telekomunikasi, beberapa organisasi membangun replika database, yang menyimpan duplikat dari data yang sering diakses. Multidimensi databse dan Online Analytical Processing (OLAP) program digunakan untuk menyimpan data dan memperbolehkan pengguna untuk mengeksplor data dari sudut pandang yang berbeda. Object-Oriented Database menggunakan pendekatan yang sepenuhnya sama dengan Object-Oriented Programming, yang telah didiskusikan dalam Chapter 4. Dengan pendekatan ini, baik data maupun instruksi prosesnya tersimpan dalam database. Object Relational Database Management System (ORDBMS) menyediakan satu set komplit database, ditambah dengan kemampuan untuk pihak ketiga menambahkan tipe data baru dan sebuah operasi ke dalam database. Tipe data baru tersebut meliputi audio, video, dan data grafik yang memerlukan indexing baru, optimalisasi serta perbaikan fitur. Dalam rangka untuk menambah data mentah, organisasi merasakan keharusan untuk menyimpan data visual dan sinyal audio dalam fashion organized dengan jumlah yang besar. Angka dari tujuan khusus sistem database juga digunakan.

0 comments:

Post a Comment

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer