Saturday 26 December 2015

CHAPTER 4 : SELF-ASSESSMENT TEST, REVIEW QUESTION






Sistem dan perangkat lunak aplikasi sangat penting dalam membantu individu dan organisasi mencapai tujuan mereka.
1. Manakah dari berikut ini adalah contoh dari sistem operasi command-driven?
a. Windows XP
b. Leopard
c. MS-DOS
d. Windows Vista

2. Aplikasi perangkat lunak seperti Microsoft Office Excel memanipulasi perangkat keras komputer secara langsung. Benar atau salah? Salah

3. Sistem operasi saat ini mendukung _______________, kemampuan untuk menjalankan beberapa proses yang tampaknya secara bersamaan. Multitasking

4. Komponen file manajer dari OS mengontrol bagaimana memori diakses dan memaksimalkan memori dan penyimpanan yang tersedia. Benar atau salah? Salah

Organisasi harus tidak mengembangkan perangkat lunak aplikasi proprietary kecuali hal tersebut akan memenuhi kebutuhan bisnis yang menarik yang dapat memberikan keunggulan kompetitif.

5. Fungsi utama dari perangkat lunak sistem adalah untuk menerapkan kekuatan komputer untuk menyerahkan kepada orang, kelompok kerja, dan seluruh perusahaan kemampuan untuk memecahkan masalah dan melakukan tugas-tugas tertentu. Benar atau salah? Salah

6. Software yang memungkinkan pengguna untuk meningkatkan efektivitas pribadi mereka, meningkatkan jumlah pekerjaan yang bisa mereka lakukan dan kualitas, disebut _______________.
a.  software produktivitas pribadi
b. perangkat lunak sistem operasi
c. software utilitas
d. perangkat lunak grafis

7. Optimasi dapat ditemukan di tipe jenis perangkat lunak aplikasi yang mana?
a. spreadsheet
b. program pengolah kata
c. program database
d. program grafis presentasi

8. Software yang digunakan untuk memecahkan masalah yang unik atau spesifik yang biasanya dibangun secara internal tetapi juga dapat dibeli dari perusahaan luar disebut _______________. Perangkat lunak hak milik

9. Sebuah program untuk mendeteksi dan menghilangkan virus adalah contoh dari jenis perangkat lunak apa?
a. software produktivitas pribadi
b. perangkat lunak sistem operasi
c. software utilitas
d. software aplikasi

Organisasi harus memilih bahasa pemrograman yang karakteristik fungsional sesuai untuk tugas di tangan, mengingat keterampilan dan pengalaman pemrograman staf.

10. Kebanyakan perangkat lunak yang dibeli untuk dijalankan pada komputer pribadi menggunakan lisensi ___________.
a. situs
b. bersamaan pengguna
c. multiuser
d. single-user

11. Sebuah kelas perangkat lunak aplikasi yang membantu kelompok bekerja sama dan berkolaborasi disebut __________. Perangkat lunak aplikasi workgroup

12. Setiap bahasa pemrograman telah menetapkan aturannya sendiri, disebut __________ bahasa. Sintaksis

13. Sebuah program software khusus yang disebut penerjemah konversi dari kode sumber programmer ke dalam instruksi bahasa mesin yang terdiri dari angka biner  dan hasil dalam program bahasa mesin. Benar atau salah? Salah






1.    Apakah perbedaan antara sistem dan aplikasi perangkat lunak? Berikan empat contoh produktivitas pribadi perangkat lunak.
Sistem adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Contoh :
1.Perangkat Lunak Perusahaan (Firmware)
2.Sistem Operasi(OS)
3.Bahasa pemrograman
4.Perangkat lunak Aplikasi

2.    Langkah apa yang bisa pengguna lakukan untuk memperbaiki bug perangkat lunak?
Ketahui permasalahannya dan identifikasi dimana letak kesalahannya jika kesalahan tidak dapat dihindadir lebih baik hapus perangkatr lunak dan instal ulang lagi dalam sistem anda.

3.    Mengidentifikasi dan membahas secara singkat dua jenis antarmuka pengguna disediakan oleh sistem operasi.
·       Command Line Interface(CLI)
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
·       Graphical User Interface(GUI)
GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atautrack ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).

4.    Apa yang dimaksud dengan software suite? Berikan beberapa contoh.
Software Suite adalah  kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah microsoft  Office, Lotus SmartSuite, serta StarOffice.

5.    Empat nama sistem operasi yang mendukung pribadi, workgroup, dan perusahaan lingkungan yang berpengaruh.        
Microsoft, Windows for Workgroups, windows, PC DOS

6.    Apa yang dimaksud dengan arsitektur berorientasi layanan (SOA)?
SOA (service oriented architecture, arsitektur berorientasi layanan) adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya. SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur teknologi informasi (TI) yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis.

7.    Apa yang multitasking?
Multitasking adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacukepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumber daya CPU yang sama. Contoh sistem operasi jenis ini antara lain adalah linux.

8.    Tentukan perangkat lunak utilitas jangka dan memberikan dua contoh.
Utility/Utilitas adalah kegunaan.
Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem.
Jenis-jenis program utilitas terbagi atas 2 yaitu:
1. Program Utilitas Internal (bawaan)
2. Program Utilitas Eksternal (bukan bawaan)

9.    Identifikasikan dua sumber utama untuk memperoleh aplikasi perangkat lunak.
·       Internet adalah sumber utama untuk memperoleh aplikasi perangkat lunak dari freeware hingga rental ware. Semua perangkat lunak dapat dicari dan diunduh dari internet tapi ada jika tidak berhati-hati mendownload dari internet dapat juga memuat virus.
·       Membeli dari pembuatnya langsung atau dari tempat penjualan komputer dan perangkat lunak. Semua yang didapat dengan membeli pada tempatnya langsung kemungkinan adalah asli dan perangkat lunak dapat berumur panjang jika tidak ada virus yang menggangunya.

10. Apakah yang dimaksud dengan penyedia layanan aplikasi? Masalah apa yang timbul dalam mempertimbangkan penggunaan ASP?
Penyedia layanan aplikasi (application service provider, ASP) adalah suatu bisnis yang menyediakan layanan berbasis komputer untuk pelanggan melalui suatu jaringan. Perangkat lunak yang disediakan dengan model ini sering juga disebut dengan perangkat lunak on-demand atau SaaS (software as a service)

11. Apa adalah perangkat lunak open source? Apa sandungan terbesar memblokir dengan penggunaan perangkat lunak open source?
Perangkat lunak sumber terbuka (open source software) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan.
Masalahnya:
·       Interfacenya yang jelek bisa dilihat tidak ada disain dari layout interface itu sendiri.
·       Terkadang ada beberapa struktuk kode open source yang tidak kita kenal seperti di software lain, sehingga ada beberapa masyarakat berkata “lebih baik membayar daripada harus menanggung resiko”.
·        Kurang update atau versinya tidak bisa diupgrade dan terkadang banyak bug-nya.


12. Apa singkatan API berdiri? Apa peran API?
Singkatan dari API adalah Application Programming Interface.
Antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface/API) adalah sekumpulan perintah, fungsi, dan protocol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk system operasi tertentu.
API menyediakan fungsi dan perintah dengan bahasa yang lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dipahami oleh programer bila dibandingkan dengan System Calls, hal ini penting untuk aspek editing dan pengembangan.

13. Secara singkat membahas keuntungan dan kerugian dari sering upgrade perangkat lunak.
keuntungan sering upgrade perangkat lunak adalah kita dapat memperbaharui perangkat lunak yang didalamnya terdapat aplikasi baru dan kerugian dari sering upgrade perangkat lunak adalah kemungkinan terjadinya eror.

14. Jelaskan perusahaan jangka sumber daya perencanaan (ERP) sistem. Fungsi apa sistem tersebut melakukan?
Perencanaan sumber daya perusahaan, atau sering disingkat ERP dari istilah bahasa Inggrisnya, enterprise resource planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.  
Fungsi ERP untuk mengontrol aktivitas bisnis, mulai dari produksi, manajemen kualitas, manajemen persediaan, pengiriman, penjualan hingga sumber daya manusia.

15. Apa freeware? Berikan dua contoh.

Freeware adalah suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang/pengguna tanpa membayar. dari namanya yang mengandung kata free dari bahasa inggris atau gratis, pasti kita akan berpikiran berpikiran freeware adalah aplikasi gratis. contoh software/aplikasi yang menggunakan license Freeware : PhotoScape, Winamp, Line.

0 comments:

Post a Comment

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer