Friday 25 December 2015

CHAPTER 1 : SELF-ASSESSMENT TEST, REVIEW QUETION, CASE STUDIES




    1.     Sebuah sistem informasi adalah kumpulan komponen yang saling berhubungan yaitu mengumpulkan, memanipulasi, dan menyebarkan data dan informasi serta                menyediakan timbal balik untuk memenuhi tujuan.

             2.    Angka, huruf, dan karakter lainnya diwakili oleh data yang alfanumerik 

             3.     Para ilmuwan biasanya profesional dalam sains, teknik, bisnis, dan yang lainnya. Benar atau salah? Benar

             4.      Sebuah Sistem adalah kumpulan elemen atau komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan.

             5.     Ukuran dari apa yang diproduksi dibagi dengan apa yang dikonsumsi dikenal sebagai Efisiensi

              6.     Tujuan khusus dari sebuah sistem disebut efektifitas. Benar atau salah? Salah              

              7.      Sistem Informasi Berbasis Komputer (CBIS) terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, database, telekomunikasi, orang, dan prosedur.

              8.     Program komputer yang mengatur operasi dari sistem komputer disebut Software

               9.     Penggajian dan pemrosesan order adalah contoh dari komputerisasi manajemen sistem informasi. Benar atau salah? Salah

              10.  Apa yang dimaksud dengan sebuah koleksi terorganisir dari orang, prosedur, software, database, dan perangkat yang digunakan untuk membuat, menyimpan, berbagi, dan menggunakan pengalaman dan pengetahuan organisasi? Manajemen Pengetahuan

              11.     Perdagangan Elektonik melibatkan kapan saja, di mana saja perdagangan yang menggunakan komunikasi nirkabel.

              12.   Apakah definisi masalah dan peluang yang ada sistem? Analisis Sistem

              13.   Sistem Informasi keaksaraan adalah pengetahuan tentang bagaimana data dan informasi yang digunakan oleh individu, kelompok, dan organisasi.






1. Apa yang dimasksud dengan sistem informasi ? Ada berapa cara sistem informasi mengubah hidup kita?

·         Sistem informasi adalah kombinasi database, sumber daya manusia dan teknis yang sama dengan keterampilan organisasi yang sesuai menghasilkan informasi yang diperlukan untuk mendukung kegiatan ekonomi tertentu, pengelolaan sumber daya atau prosedur pengambilan keputusan.

2. Bagaimana kamu membedakan data dan informasi? informasi dan pengetahuan?

·         Data adalah fakta yang belum diolah dan angka tanpa menambahkan interpretasi atau analisis. Contoh: "Harga minyak kelapa sawit adalah $ 90 per barel."
Informasi adalah data yang telah ditafsirkan sehingga memiliki makna bagi penggunanya. Contoh: "Harga minyak kelapa sawit telah meningkat dari $ 80 sampai $ 90 per barel" memberikan makna terhadap data dan sebagianya dikatakan informasi kepada seseorang yang menelusuri harga minyak.
·         Informasi adalah data yang dimasukkan kedalam konteks, hal itu berkaitan dengan bagian lain dari data. Informasi adalah tentang makna dan bentuk dasar pengetahuan. Pengetahuan adalah informasi dengan makna badan informasi, teknik, dan pengalaman yang menggabungkan sekitar topik tertentu.

3. Identifikasi setidaknya enam karakteristik informasi yang berharga.

·         Akurat : Informasi yang akurat adalah bebas dari kesalahan. Kesalahan bisa terjadi karena berbagai alasan. Jika ada beberapa masalah dalam pengetahuan yang diperlukan untuk proses, keluaran(informasi) mungkin memiliki kesalahan. Pada saat yang sama, jika input (data) berisi beberapa kesalahan, output tidak akan akurat. Hal ini dikenal sebagai sampah masuk sampah keluar (GIGO). Informasi yang tidak akurat tidak bebas dari kesalahan.

·         Sempurna : Informasi sempurna berisi semua fakta penting untuk membuat keputusan yang jelas. Sebagai contoh, laporan investasi dapat hadir semua manfaat yang mungkin dan keuntungan tanpa rincian biaya yang akan diperlukan.

·         Ekonomis : Informasi juga harus relatif ekonomis. Pengambil keputusan harus selalu
menyeimbangkan nilai informasi dengan biaya produksi itu. Sebagai contoh, jika
mengumpulkan data membutuhkan banyak sumber daya dan waktu tidak ekonomis.

·         Fleksibel : Informasi fleksibel dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Sebagai contoh, informasi tentang seberapa banyak sumber persediaan yang bisa untuk bagian tertentu:
- Perwakilan penjualan untuk menentukan rencana penjualan
- Manajer produksi untuk mengidentifikasi kemungkinan hambatan untuk produksi
- Seorang eksekutif keuangan untuk menghitung aset angka saat ini persediaan

·         Reliable : Ketelitian informasi menjelaskan kebenaran informasi tersebut. Jika ada
masalah sehubungan dengan kebenaran data, pasti akan mempengaruhi ketelitian informasi. Sebagai contoh, jika ketelitian metode pengumpulan data lemah, secara langsung akan mempengaruhi informasi yang akan diproduksi. Misalnya, prediksi harga berdasarkan rumor (informasi varians bukan masa lalu), tidak dapat diandalkan.

·         Relevan : Relevansi informasi ditentukan berdasarkan kegunaan informasi sehubungan dengan proses pengambilan keputusan. Misalnya (E.g.A) , penurunan harga kayu tidak dapat digunakan untuk memprediksi fluktuasi harga komputer.

4. Apa perbedaan antara efisiensi dan efektifitas?

·         Efisiensi adalah melakukan tugas dengan benar sedangkan efektifitas melakukan tugas yang benar.

5. Apa saja komponen dari sistem informasi?

·         Komponen utama dari sistem informasi adalah hardware dan software komputer, telekomunikasi, database dan gudang data, sumber daya manusia, dan prosedur.

6. Apa itu umpan balik? Apa konsekuensi yang mungkin dari umpan balik yang tidak memadai?

·         Umpan balik terjadi ketika output dari sistem yang diarahkan kembali sebagai input bagian dari rantai sebab-akibat yang membentuk sirkuit atau lingkaran.
Kemungkinan konsekuensi umpan balik yang tidak memadai tidak tahu di mana untuk melakukan perbaikan. Umpan balik memberikan seseorang atau perusahaan pengetahuan daerah mereka yang dapat di tingkatkan.

7. Bagaimana kinerja sistem diukur?

·         - Efektifitas, apakah sistem itu mencapai tujuannya atau tidak.
- Efisiensi, memeriksa apakah apa yang diproduksi itu produk yang seharusnya diproduksi.
- Kompleksitas, memeriksa bagaimana unsur-unsur sistem yang rumit.
- Kontrol, beroperasi dibawah intruksi yang diberikan.

8. Apa yang dimaksud dengan sistem manajemen pengetahuan? Berikan contoh.

·         Sistem Manajemen Pengetahuan adalah proses dan struktur yang dirancang untuk menciptakan, menangkap, menganalisis dan bertindak atas informasi.
Contoh :
a. Umpan balik Database - Sebuah perusahaan mungkin memiliki database umpan balik dari pelanggan dan karyawan dan saham umpan balik ini dengan desain dan departemen penelitian dan pengembangan.
b. Berbagi file proyek - Sebuah tim karyawan dapat bekerja sama pada sebuah proyek.
c. File penelitian - Sebuah perusahaan mengembangkan produk baru melakukan penelitian tentang pesaing mereka dan memimpin kelompok fokus untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan dalam produk mereka atau pasar terbatas.

9. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi berbasis komputer? Apa komponennya?

·         Sebuah sistem informasi berbasis komputer (CBIS) adalah sistem informasi di mana komputer memainkan peran utama. Komponennya: hardware, software, database, orang, dan prosedur.

10. Identifikasi fungsi dari sistem pemrosesan transaksi

·         Sistem pemrosesan transaksi terdiri dari empat fungsi utama untuk mencapai tujuan mereka:
a. Fungsi input : Sebelum data transaksi dapat dibawa ke dalam sistem pemrosesan transaksi, harus diperoleh dari sumbernya - langkah yang disebut data capture.
b. Fungsi penyimpanan : Data dalam sistem pemrosesan transaksi disimpan dalam file data dan database.
c. Pengolahan Fungsi : Pengolahan melibatkan memanipulasi data dalam sistem.
d. Fungsi output : keluaran dari sistem pemrosesan transaksi dapat ditampilkan pada layar atau dicetak di atas kertas.

11. Apa perbedaan antara intranet dan extranet?

·         Intranet : konten bersama diakses oleh anggota dalam satu organisasi.
·         Extranet : konten yang dibagikan diakses oleh kelompok melalui batas lintas-perusahaan.

12. Apa m-commerce? Jelaskan bagaimana hal itu dapat digunakan.

·         M-commerce (mobile commerce) adalah pembelian dan penjualan barang dan jasa melalui perangkat genggam nirkabel seperti telepon selular dan personal digital assistant (PDA). Dikenal sebagai generasi e-commerce, m-commerce memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet tanpa perlu untuk menemukan tempat untuk plug-in. Munculnya teknologi di balik m-commerce, yang didasarkan pada Wireless Application Protocol (WAP), telah membuat langkah yang jauh lebih besar di Eropa, di mana perangkat mobile yang dilengkapi dengan Web-siap mikro-browser yang jauh lebih umum daripada di Amerika Serikat.

13. Apa jenis yang paling umum dari sistem informasi berbasis komputer yang digunakan dalam organisasi bisnis saat ini? Berikan contoh masing-masing.

·         Jenis yang paling umum dari sistem informasi yang digunakan dalam organisasi bisnis adalah mereka dirancang untuk elektronik dan mobile commerce, proses transaksi, informasi manajemen,dan pendukung keputusan.

14. Jelaskan tiga aplikasi virtual reality.

·         sistem virtual reality dapat membentuk kembali antarmuka antara manusia dan teknologi informasi dengan menawarkan cara-cara baru untuk berkomunikasi informasi, memvisualisasikan proses, dan mengekspresikan ide-ide kreatif.

15. Apa literasi komputer dan sistem informasi literasi? Mengapa mereka penting?

·         Literasi komputer adalah pengetahuan tentang sistem peralatan komputer dan cara mereka berfungsi. Itu menekankan peralatan dan perangkat keras (hardware), program dan instruksi (software), database, dan telekomunikasi.
·         Sistem informasi literasi adalah pengetahuan tentang bagaimana data dan informasi yang digunakan oleh individu, kelompok, dan organisasi.
·         Ini mencakup pengetahuan tentang teknologi komputer dan lebih luas sistem informasi.
Yang paling penting, bagaimanapun, mencakup bagaimana dan mengapa teknologi ini diterapkan dalam bisnis. Mengetahui tentang berbagai jenis hardware dan software adalah contoh dari literasi komputer. Mengetahui bagaimana menggunakan hardware dan perangkat lunak untuk meningkatkan keuntungan, mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan pelanggan kepuasan adalah contoh dari sistem informasi keaksaraan.

16. Apa  saja manfaat organisasi berusaha dicapai dengan menggunakan sistem informasi?

·         Sistem informasi (SI) menganggap antarmuka jaringan yang digunakan dalam bisnis dan manajemen kelembagaan. SI dapat memusatkan komunikasi dan akses data ke server. Hal ini dapat mengurangi konsumsi kertas dan membuat catatan diakses aman dan real-time. SI dapat secara lokal untuk global mengintegrasikan organisasi yang memungkinkan untuk kolaborasi proyek dan mengurangi atau menghilangkan kebutuhan untuk perjalanan bisnis.

17. Identifikasi langkah-langkah dalam proses pengembangan sistem dan nyatakan tujuan masing-masing.

·         Dua langkah pertama dari pengembangan sistem adalah sistem investigasi dan analisis. Hasil investigasi sistem adalah untuk mendapatkan pemahaman yang jelas tentang masalah yang akan dipecahkan atau kesempatan untuk ditangani.
·         Langkah berikutnya, analisis sistem, mendefinisikan masalah dan peluang sistem yang ada.
·         Sistem desain menentukan bagaimana sistem baru akan bekerja untuk memenuhi kebutuhan bisnis didefinisikan selama analisis sistem.
·         Implementasi sistem menciptakan atau memperoleh berbagai komponen sistem (hardware, software, database, dll) didefinisikan pada langkah desain, perakitan mereka, dan menempatkan sistem baru ke dalam operasi.
·         Tujuan dari sistem pemeliharaan dan review adalah untuk memeriksa dan memodifikasi sistem sehingga terus memenuhi perubahan kebutuhan bisnis. Semakin, perusahaan mempekerjakan perusahaan luar untuk melakukan desain mereka, implementasi, pemeliharaan, dan review fungsi.




Case 1

Pertanyaan Diskusi
1.         1. Apakah supir taksi di kota New York menyetujui atas pelacakan GPS didalam taksi mereka? Mengapa iya atau tidak?
Jawab: Kebanyakan supir taksi tidak setuju. Mereka khawatir bahwa sistem GPS akan melacak pergerakan mereka setelah waktu kerja. Sekitar 85% dari supir taksi New York adalah kontraktor independen yang memiliki taksi sendiri dan menggunakannya untuk tansportasi pribadi mereka saat tidak bertugas. 

2.       2. Apakah mungkin taksi New York dan komisi limousin telah menciptakan transisi halus untuk sistem baru?
Jawab: ya. Taksi New York dan komisi limousin menyediakan beberapa pelajaran tentang interaksi bisnis dan sistem informasi. Saat ini bisnis memiliki jumlah tekanan yang luar biasa pada mereka untuk menerapkan teknologi dan sistem informasi terbaru dan tercerdas. Seringkali bisnis sistem informasi memberikan keuntungan penting dalam kompetisi. Kota New York tidak lagi merasakan tekanan untuk memberikan pengunjung dan penduduk setempat dengan layanan berkualitas tinggi dan sistem transportasi berjalan lancar.    

Pertanyaan Berpikir Kritis
1.         1. Banyak supir taksi menyatakan pendapat bahwa teknologi yang dipasang dalam taksi mereka tak dapat dihindari tidak peduli apapun pendapat mereka. Apakah anda setuju dengan penilaian ini? Mengapa iya atau tidak?
Jawab: tidak. Karena mungkin saja pendapat supir taksi tersebut ada benarnya. Jadi seharusnya mendengarkan dulu apa pendapat mereka.

2.       2. Sebagai pelanggan dari layanan taksi, apakah anda akan menghargai manfaat yang diberikan oleh sistem baru di kota New York? Apakah itu membantu menyediakan anda pandangan yang menguntungkan kota secara umum? Buat daftar keuntungan dan berikan pandangan anda masing-masing.
Jawab: ya saya akan menghargai. Menurut saya sistem tersebut akan menguntungkan kota karna taksi akan terlacak keberadaannya. Tetapi akan membuat supir taksi tidak nyaman dengan adanya GPS tersebut.
Keuntungan :
-          Membuat taksi lebih terpantau
-          Mengurangi tingkat kejahatan
-          Mudah mencari lokasi taksi berada jika dibutuhkan oleh pelanggan


Case 2

Pertanyaan diskusi 
1.         1. China mengalami ekonomi yang berkembang pesat. Mengapa Anda berpikir bisnis yang paling internasional melihat ke Cina sebagai kesempatan dan ancaman?
·         Jawab: China melonggarkan peraturan dalam upaya untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan internasional, bisnis sendiri harus bekerja lebih keras untuk menjadi lebih efisien dan efektif dan mempertahankan pelanggan.

2.        2. Yansha telah berlari untuk mengejar ketinggalan dengan sistem informasi terbaru dan teknologi, tetapi tetap menjadi bisnis lokal Cina. Apa kemungkinan langkah Yansha berikutnya sikapi dalam rangka meningkatkan pendapatan? Bagaimana kemungkinan langkah yang akan berhasil diambil?
·        Jawab:  Yansha berpaling ke IBM Cina Research Lab untuk mengevaluasi sistem informasi dan merekomendasikan teknologi terbaru untuk membawa up to date. Dengan sistem ERP dan sistem SCM.
- Sebuah perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) sistem memungkinkan eksekutif dan mengatur Yansha untuk melihat data kinerja real-time, seperti penjualan di semua lokasi, di daerah tertentu, atau dalam satu toko tertentu.
- Sebuah pasokan baru manajemen rantai (SCM) sistem yang menyediakan komunikasi yang erat antara Yansha dan pemasoknya.

Pertanyaan berpikir kritis
1.         1. Apa manfaat melakukan bisnis lokal seperti yang dimiliki Yansha lebih dari perusahaan asing yang datang ke Cina untuk bersaing. Bagaimana bisa keuntungan mereka digunakan untuk mempertahankan kepemimpinan di pasar?
·         Jawab: Bagi Yansha untuk mempertahankan peran kepemimpinan di pasar, itu diperlukan untuk memotong kerugian menjadi buruk dan berarti dalam penerapan teknologi sistem informasi.

2.        2. Apa manfaat melakukan bisnis internasional yang mempunyai bisnis lokal kecil? Bagaimana mereka dapat digunakan untuk menyusup pasar baru dan mengambil alih kepemimpinan?
·         Jawab: Pemilik usaha kecil dapat mempelajari manfaat dari perusahaan besar untuk menentukan ukuran yang optimal untuk organisasi mereka. Dengan sistem baru ERP & SCM. Baru mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pemasok untuk kapal barang dagangan untuk Yansha (order lead time) dari 2,5 hari sampai 4,5 jam. Tingkat pengakuan rangka meningkat dari 80 persen menjadi 99 persen. Kesalahan Orde telah berkurang dari 9 persen menjadi 1 persen.



0 comments:

Post a Comment

 
Animated Dragonica Star Glove Pointer